Kesuksesan Borussia Dortmund Ternyata Berawal dari Resep yang Sederhana

Kesuksesan Borussia Dortmund Ternyata Berawal dari Resep yang Sederhana

bahasbola.net Pada hari Jumat (21/8/2020), Borussia Dortmund melaksanakan pagelaran tur secara virtual dengan nama ‘The Black and Yellow Virtual Asia Tour 2020’. Acara ini digelar untuk menyapa para fansnya di Asia, terutama di Indonesia.

Awalnya, Dortmund berniat menyapa fans secara langsung dengan menggelar tur pramusim ke berbagai negara seperti yang terjadi beberapa tahun sebelumnya. Namun seperti yang diketahui, pandemi virus Corona membuat aktivitas ini tak bisa diselenggarakan.

Namun Dortmund tak kehabisan akal. Memanfaatkan teknologi sambungan jarak jauh, mereka memangkas jarak dengan fans di Asia melalui kegiatan ‘The Black and Yellow Virtual Asia Tour 2020’. Acara ini dihadiri oleh sosok penting seperti Sebastian Kehl selaku legenda klub yang menempati posisi Sportive Management dan salah satu pemainnya, Thomas Delaney.

Dalam sesi tanya jawab, Kehl memberikan sedikit bocoran soal strategi di bursa transfer Dortmund serta resep yang membuat mereka bisa menuai kesuksesan seperti sekarang.

Resep Kesuksesan Borussia Dortmund

Sebagaimana klub Eropa lain, Dortmund juga melakukan serangkaian aktivitas transfer pemain di setiap musim panas. Namun dalam beberapa tahun terakhir, rekrutan mereka yang masih berusia muda kerap menjadi sorotan utama.

Misalnya saja Erling Braut Haaland yang direkrut dari RB Salzburg pada bulan Januari lalu, dan Jadon Sancho yang notabene merupakan jebolan tim akademi Manchester City. Keduanya menjadi bagian penting dalam skuat Dortmund saat ini.

Pada musim panas ini, mereka kembali menarik perhatian publik dengan merekrut salah satu talenta berbakat Inggris, Jude Bellingham. Ini seolah menunjukkan bahwa pemain muda punya peran besar dalam skuat Dortmund.

Anggapan orang-orang tidak sepenuhnya benar, ternyata. Kehl menjelaskan bahwa peran pemain muda memang penting, tapi mereka bisa bersinar seperti sekarang karena bimbingan dari sosok berpengalaman seperti Emre Can dan Mats Hummels.

Kehl menekankan pada keseimbangan tim sebagai rumus dari kesuksesan Dortmund dalam beberapa tahun terakhir.

“Pertama-tama, bukan hanya pemain muda yang membuat sebuah tim menjadi sukses. Saya pikir [kesuksesan tercapai] dari keseimbangan yang tepat seperti Sancho, Reyna, dan Haaland,” ucap Kehl.

“Namun di sisi lain kami juga memiliki pemain berpengalaman seperti Emre Can, Mats Hummels, dan Lukasz Piszczek. Sekali lagi, keseimbangan yang tepat adalah hal yang membuat tim meraih kesuksesan,” lanjutnya.

Tentang Reiner

Kehl juga berbicara soal rekrutan terbarunya yang dipinjam dari Real Madrid, Reinier Jesus Carvalho atau kerap disapa Reiner. Ia mengatakan kalau Dortmund sudah memantau kiprah pemain berusia 18 tahun itu dalam beberapa tahun terakhir ini.

“Reiner adalah pemain menyerang yang memiliki kemampuan besar dan bisa bermain di berbagai posisi, tergantung formasi yang digunakan. Kami memantaunya selama dua setengah tahun, jadi kami mengenal dia dengan cukup baik.” tutur Kehl.

Reiner diikat dengan kontrak pinjaman selama dua musim, yang artinya ia akan beraksi di Westfalenstadion sampai tahun 2022. Namun, tak diketahui apakah kesepakatan peminjaman ini melibatkan klausul pembelian atau tidak.

SUMBER: bola.net

Bahas Bola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *