Tak Hanya Sekali Lionel Messi Nyaris Tinggalkan Barcelona 4 Kali

Tak Hanya Sekali Lionel Messi Nyaris Tinggalkan Barcelona 4 Kali

bahasbola.net Penikmat sepakbola di seluruh dunia oleh bintang berdarah Argentina, Lionel Messi. Ia diketahui melayangkan surat yang berisikan keinginannya meninggalkan Barcelona pada musim panas ini.

Wajar apabila publik dibuat heboh dengan pemberitaan itu. Pasalnya, hampir seluruh karir sepakbola Messi dihabiskan di Barcelona. Di klub itu juga, ia meraih banyak raihan bergengsi termasuk enam trofi Ballon d’Or.

Keinginan Messi tersebut membuat Barcelona benar-benar tersungkur ke titik terendahnya. Bahkan ini jauh lebih buruk ketimbang saat menelan kekalahan memalukan atas Bayern Munchen di Liga Champions beberapa pekan lalu.

Tapi, perlu diketahui juga kalau ini bukan kali pertama Messi diberitakan mau meninggalkan Barcelona. Sedikitnya ada empat kali ia dikabarkan bakal angkat kaki dari Camp Nou. Bagaimana kisahnya? Yuk simak informasinya di bawah ini.

Real Madrid

Suatu ketika, publik dibuat gempar ketika Luis Figo memilih meninggalkan Barcelona pada tahun 2000 lalu. Kabar tersebut takkan membuat gempar andai Figo tidak memilih Real Madrid sebagai klub tujuan berikutnya.

Rivalitas antara Barcelona dan Real Madrid sangat kuat. Haram hukumnya seorang pemain yang diidolakan pindah dari satu klub ke yang lainnya. Jika Figo bisa membuat kehebohan yang luar biasa, bagaimana dengan Messi?

Pada tahun 2016, Cadena COPE pernah memberitakan bahwa Real Madrid telah mencoba merekrut Messi sebanyak tiga kali dalam rentang waktu lima tahun saja. Di mana pendekatan pertama dilakukan pada tahun 2011 lalu.

Percobaan berikutnya dilakukan pada tahun 2013, di saat Madrid kalah bersaing dengan Barcelona dalam perburuan Neymar. Yang ketiga dilakukan setelah Barcelona berhasil memenangkan treble pada musim 2014/15.

Inter Milan

Messi sempat diduga akan memperkuat Inter Milan pada tahun 2018. Tepatnya setelah Cristiano Ronaldo membuat kejutan dengan memilih pindah ke klub raksasa Italia lainnya, yakni Juventus.

Namun sejauh yang terpantau, kabar tersebut hanya rumor belaka. Tapi jangan terkejut kalau Messi sebenarnya pernah hampir bergabung dengan klub berjuluk Nerazzurri tersebut. Momen ini terjadi pada tahun 2006.

Messi, yang masih berusia 19 tahun, diikat kontrak dengan klausul pelepasan sebesar 150 juta euro. Angka tersebut tidaklah sedikit saat itu, namun Inter mampu memenuhinya. Inilah yang membuat Barcelona menaikkan nominal dalam klausul tersebut.

“Mereka bersedia membayar klausul pembelian sebesar 150 juta euro, itulah mengapa kami [setelahnya] menaikkan angka hingga 250 juta euro,” tutur mantan presiden Barcelona, Joan Laporta, kepada the Guardian.

Arsenal

Mungkin, selain Barcelona sendiri, Arsenal merupakan klub yang paham betul dengan kualitas seorang Messi. Mereka kemudian melakukan percobaan untuk merekrutnya saat Messi masih berada dalam strata La Masia.

Pelatih Arsenal kala itu, Arsene Wenger, hendak memborong sejumlah pemain muda Barcelona. Bukan cuma Messi, Gerard Pique beserta Cesc Fabregas juga masuk dalam daftar belanjanya. Tapi sayang, hanya nama terakhir yang berhasil mereka dapatkan.

“Kami berdiskusi dengan Barcelona saat kami memboyong Fabregas, sebab Messi bermain [dengan dia],” ujar Wenger kepada beIN SPORTS pada tahun 2019 lalu.

2013/14

Situasi pada musim 2013/14 kurang lebih mirip dengan yang terjadi sekarang, bedanya hanya di kasusnya saja. Waktu itu, Messi dinyatakan bersalah dalam kasus yang berkaitan dengan otoritas pajak Spanyol.

Messi mengakui bahwa dirinya sempat berpikir meninggalkan Barcelona. “Bukan cuma meninggalkan Barcelona, tetapi juga Spanyol. Saya merasa teraniaya dan tidak ingin berada di sini lagi,” ucapnya kepada RAC1 pada tahun 2019 lalu.

“Saya telah membuka pintu kepada banyak klub namun tidak mendapatkan penawaran resmi karena semuanya tahu bahwa hasrat saya sebelumnya adalah terus bermain di Barcelona.”

“Kasus itu terjadi beberapa kali, terutama di 2013 dan 2014, masalah dengan perpajakan serta semua yang bermunculan. Momen itu sulit buat saya serta keluarga, banyak yang tidak mengetahui apa yang saya lalui dan saya mendengar sektor pers membantu mewujudkan ini,” tandasnya.

Sumber: bola.net

Bahas Bola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *